Posted by : Unknown Kamis, 29 Agustus 2013


Sekedar Sharing - Kali ini saya akan menshare tentang bagaimana Arsitektur Jaringan komputer.
Arsitektur pada jaringan komputer di antaranya :

Ethernet

Ethernet bekerja berdasarkan broadcast network , dimana setiap node meneriman setiap transmisi data yang dikrimkan dari suatu node yang lain.Cara kerja Ethernet sebagai berikut : sebelum mengirimkan paket data , setipa node memeriksa apakah network dalam keadaan sibuk atau tidak.Jika network busy , node itu menunggu sampai tidak ada sinyal di dalam network.Jika pada saat bersamaan ada dua node yang mengirimkan data , maka terjadi collision.Jika terjadi collision , kedua node
Menunggu dengan waktu yang acak.Implementasi Ethernet dapat dilakukan dengan berbgai media antara lain :
1.    10baseT : menggunakan kabel UTP , 10 Mbps , baseband.
2.    10base2 : menggunakan kabel thin coax , 10 Mbps ,baseband.
3.    10base5 : menggunakan kabel thick coax , 10 Mbps , baseband.

Token Ring

Untuk menghindari collision tidak menggunakan collision detect melainkan token passing scheme. Token passing scheme dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut: Sebuah token yang bebas mengalir pada setiap node melalui network.Saat sebuah node ingin mengirimkan paket  , node itu meraih dan melekatkan frame atau paketnya ke token.Sekarang token tidak dapat lagi oleh node yang lain sampai data itu sampai tujuannya.Jika telah sampai token dilepaskan lagi oleh originating station.Token mengalir di network dalam satu arah dan setiap station di poll satu-persatu.

ARCnet

Arsitektur ini menggunakan prinsip token passing scheme dan broadcast.Kecepatannya 2.5 Mbps dan 20 Mbps. Arsitektur ini  menggunakan topologi fisik star.Tidak dapat bekerja dalam satu bus sehingga jarang digunakan pada internetworking UNIX-DOS.

FDDI

FDDI (Fiber Distributed Data Intrface) digunakan dengan kabel fiber optic.Arsitektur ini bekerja berdasarkan dua ring konsentrik , masing-masing berkecepatan 100 Mbps ,  dengan menggunakan token passing scheme.
Salah satu dapat berfungsi sebagai back-up atau dibuat sebagai pengirim saja (mengirim dan meneriman dalam arah yang berbeda).Tidak compatible dengan ethenet ,  namun dapat dienkapsulasi dalam paket FDDI.


FDDI RING

CDDI

CDDI (Copper Distributed Data Interface) merupakan standart dari FDDI yang diimplementasikan pada kabel.Arsitektur ini  mencapai kecepatan 100 Mbps.Panjang segmen kabel lebih kecil 100 m (untuk jenis kabel STP) dan 50 m (untuk jenis kabel UTP).


Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Selamat Datang Di Blog Saya
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Flag Counter

Statistik

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2013 Sekedar Sharing - Edited By |Imam Ainudin Firmansyah | 12.12.6815